Monday

APAKAH KEBENARAN ITU ?..

Jika logika tidak percaya pada ajaran, namun anda tetap menjalankan ritual, anda hanya buang buang waktu. Mungkin anda hanya tidak ingin jika suatu hari anda mati tak ada yang mengurus? Oh tidak, apapun namanya, anda harus memiliki keyakinan dalam hidup ini.
Ada masanya orang berhenti berfikir bahwa dia tidak perduli dan mulai mencari cari kepingan kepingan jigsaw, mengumpulkan dan menyusunnya hanya untuk melihat susunan terakhir yang disebut KEBENARAN. Sekarang, ayo kita membahas tentang kebenaran yang selama ini anda percayai, dan ada bermacam macam aspek, cara pandang orang ketika menerima dan menyikapi sebuah  "kebenaran":
Ilustrasi Kebenaran
  1. Kebenaran karena bukti: Di pengadilan orang diputuskan bersalah atau dibebaskan karena terbukti tidak bersalah harus melalui bukti, bukti dapat ditelusuri dari alibi, bukti barang atau materi dan bahkan logika. Seperti mencari dan menyusun kepingan kepingan jigsaw untuk menemukan bentuk sebenarnnya dari sebuah pertanyaan. Kelemahannya masih ada 0,01% kesalahan, ketika orang tidak bersalah harus mendekam dalam penjara karena semua bukti mengarah kepadanya.
  2. Kebenaran karena keyakinan: Satu pemeluk agama akan mengatakan bahwa agamanya adalah agama yang paling benar, bahwa mereka akan masuk sorga sementara pemeluk agama lain di neraka, begitu juga sebaliknya dengan klaim pemeluk agama lain. Kebenaran karena keyakinan akan merujuk kepada kitab masing masing agama. Keyakinan tidak sama dengan logika walaupun ada kalanya orang percaya setelah merasa logikanya benar, tapi logika itu tidak begitu banyak menolong seseorang untuk meyakini suatu agama. Sebagian orang tentu akan mengatakan secara logika agama kristen itu benar, sementara yang lain mengatakan agama budha atau Islam itu secara logika masuk akal. Contoh lain kebenaran karena keyakinan ini juga berpotensi menimbulkan konflik: Dua orang yang memiliki masing masing sebidang tanah yang letaknya berdampingan  memutuskan untuk mengukur dimana batas luas tanah masing masing, dimana tidak terdapat tanda atau patokan lalu misalnya A yakin tanahnya ukurannya lebih 3 meter, sementara B juga berkeyakinan yang sama. Keduanya tidak mau mengalah dan masing masing merasa benar, jika tidak dapat menahan emosi dan salah satu tidak ada yang mau mengalah tentunya akan menimbulkan peristiwa yang tidak diinginkan.
  3. Kebenaran Logika, kebenaran karena bukti empiris, karena hasil pembuktian di laboratotiom. Kebenaran ini dianut oleh para Ilmuwan. Orang beragama menentang ide manusia berasal dari kera dan mentertawakannya. Tapi Ilmuwan harus mengemukakannya karena hal itu tidak bertentangan dengan logika dan kecenderungan bukti empiris. Orang beragama tentu akan berpegang pada teks daripada "Firman firman" Tuhan. Ilmuwan berjalan pada disiplin sains yang ketat.
Manusia berbeda dalam menganut dan menyikapi kebenaran, orang dengan kepala muatan logikanya lebih dominan tentu tidak akan menerima suatu hal tanpa melakukan analisa, ketika dia menganalisa dia menemukan "kebenaran" untuk dirinya sendiri bukan untuk semua orang.
Begitu juga orang dengan keyakinan agama, orang beragama cenderung mengajak dan mempengaruhi orang lain agar memeluk keyakinan yang sama, istilah kafir dan domba tersesat adalah fakta atau realitas yang kadang tabu untuk dibahas, padahal itu hanyalah realitas yang seharusnya kita sikapi secara dewasa. Keyakinan bahwa satu agama adalah untuk seluruh manusia tentunya masih jauh dari kenyataan karena keyakinan tidak untuk jangka pendek, tapi jangka panjang.
Bukti di pengadilan dapat di manipulasi, tepi "kebenarannya" tentu saja tetap ada namun tersembunyi. Ketukan palu hakim adalah kebenaran. Kebenaran yang sifatnya lebih karena "Menang dan Kalah" ketimbang Kebenaran karena "Benar dan Salah"

Berhati hatilah ketika anda ngotot bahwa anda benar, bisa jadi orang lain malah melihat itu sebagai kesalahan...namun anda tetap berhak "meyakini" pendirian anda. Hanya saja sangat tidak bijak jika lantas anda menunjuk seribu orang lain adalah salah...
Bagaimana menurut anda?

No comments:

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile