Wednesday

MESIN DAN MATERI AKAN MEMPUNYAI KEMAMPUAN MENYEMBUHKAN DIRI SENDIRI


Anda mungkin pernah nonton filem dimana robot yang hancur dapat menyembuhkan dirinya sendiri, ih mengerikan! Lalu filem manusia mutan wolfverine yang juga memiliki kemampuan daya sembuh yang cepat, dan kayaknya filem filem ini sengaja dibuat oleh manusia berimajinasi jenius. Baru baru ini saya nonton filem Elysium menceritakan keadaan bumi masa depan, dimana manusia terbagi atas dua kasta. Kasta atas yang hidup di Elysium dan kasta Bawah manusia yang hidup dibumi yang telah ambrudaul dan chaos. Elysium dihuni oleh presiden, mereka memiliki semua teknologi, taman yang nyaman, mesin penyembuhan. Sementara manusia dibumi harus bekerja keras, menahan sakit jika terluka dan menderita.
Ilustrasi Elysium yang dibangun di luar angkasa bumi..

Elysium dibangun di angkasa luar dan dapat dipandang dari bumi, penghuninya makmur, dataran bangunannya luas, dapat menampung perkebunan, taman dan gedung gedung pencakar langit, industri industi mereka bangun di bumi. Para pengusaha kaya, politikus kelas elite dan presiden memerintah dari atas sana. Pasukan mereka adalah para robot yang sangat cerdas dan setia.
Hal yang menarik adalah, mereka dapat hidup abadi karena penemuan mesin penyembuh, jika terluka sampai wajah rusak gak dikenali lagi asalkan otak masih bekerja, tinggal masukan tubuh kedalam mesin pemindai kesehatan, seluruh kerusakan tubuh diperbaiki dalam sekejap mata!
Memang filemnya berakhir dengan pemberontakan dari bawah bumi yang akhirnya membobol sistem komputer dan sistem udara elysium dimana kemudian program para tentara para robot diambil alih oleh penduduk bumi...

Kita sedang membahas awal temuan seperti filem fiksi diatas, ini hanya sebuah langkah kecil tapi mungkin akan segera berdampak sangat besar bagi kehidupan manusia dimasa epan. Sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Christopher Weder dari Case Western, Ohio telah menciptakan materi yang bisa memulihkan diri sendiri (healable) kok bisa? Bahannya terbuat dari karet yang mengandung logam yang mampu menyerap sinar ultraviolet dan mengubahnya menjadi panas lokal.

Pada dasarnya yang sedang mereka kembangkan adalah sebuah bahan plastik baru yang terdiri dari rantai yang sangat kecil yang tetap bersatu dan berkumpul menjadi rantai yang lebih besar. Rancangan molekul tersebut mampu mengurai saat terkena cahaya. Saat terurai itulah materinya mengalir kebagian yang sedang atau telah rusak dan perbaikan sistempun bekerja dengan sempurna.

Ini adalah alternatif ilmiah untuk bahan daur ulang, dan menjadi langkah pertama dalam pengembangan bahan Polimer dengan rentang hidup jauh lebih lama dibanding yang ada saat ini.

Apa gunanya bahan yang mampu menyembuhkan diri? ya gunanya kalau dijadikan casing ponsel, casing body mobil kalau terkena gores dan lecet lecet akan segera "sembuh" dengan sendirinya tanpa perlu dibawa ke bengkel. Siapa tahu dimasa depan akan terjadi peningkatan dimana mesin mesin juga mampu memperbaiki kerusakan diri mereka sendiri secara dramatis!
Kalau mobil ini bodynya dibuat dari polimer tadi, pasti akan tetap mulus setelah tergores, karena kemampuan memperbaiki diri sendiri.

Sebagai catatan terakhir penulis, robot robot di
 masa depan kemungkinan tidak melulu dibuat dari bahan logam mesin tapi telah di buit up dengan teknologi "biologi" robot disamping terdiri dari bangun bangun logam pilihan juga akan punya daging dan harus makan seperti layaknyanya manusia untuk melanjutkan hidup dan untuk kesehatannya, sebagai akibatnya kecerdasan robot baik logika, imajinasi dan kecerdasan spritualnya meningkat berlipat ganda. Bio-teknologi ini akan menjadi saingan atau duplikat paling sempurna dari kecerdasan manusia!


Di tulis melalui Galaxy Note 10.1 oleh Sufyan

No comments:

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile