Tuesday

4 HAL YANG MUNGKIN AKAN TERWUJUD SEBAGAI TEMUAN DIMASA DEPAN

Ilustrasi

1. HIDUP ABADI.
Peneliti jepang sedang meneliti sejenis ubur ubur laut yang dapat meregenarasi tubuhnya terus menerus. Peneliti dengan sangat tercengang melihat proses itu di depan mata mereka dibawah mikroskop bagaimana sebuah ubur ubur ketika mencapai kulminasi menua segera memperbaiki sel sel DNA tubuhnya lalu berproses kembali menjadi seperti bayi dan tuumbuuh lagi terus berulang ulang seperti demikian. Para peneliti menyebutnya ubur ubur abadi. Walaupun yang abadipun akan mati oleh berbagai kerusakan lingkungan, terbunuh oleh pemangsa. Namun kreteria keabadian bagi yang hidup adalah dapat bertahan dari kematian ketika kematian itu telah menganga di depan hidung.
Bagaimana dengan manusia? Ikuti ceritanya..
Seseorang yang meninggal 20 tahun lalu tiba tiba hidup kembali, komputer menganalisa semua kesesuaiannya: karakter suara sama, ukuran tubuh sama, segala memori dan kepribadian yang dia miliki adalah milik orang yang meninggal 20 tahun yang lalu. Bedanya adalah tenggang waktu. Selama dua puluh tahun teman temannya telah menjadi tua,  usianya berhenti pada waktu dia meninggal 20 tahun yang lalu. Dia masih muda seperti duapuluh tahun yang lalu.
Apa yang terjadi? Sebelum meninggal otaknya di donlot kedalam bentuk microchip, semua algoritmanya masih bekerja didalam laboratoriom ketika tubuh hasil kloningnya di hidupkan semua "bentuk getaran" otak yang telah disimpan didalam microchip selama 20 tahun di "paste" kan kembali ke dalam kepala tubuh hasil kloningan, alhasil dia hidup kembali dalam tubuh baru. Kepribadiannya sama, memorinya adalah memori lama yang diperbaharui
Tentu saja ini sepertinya adalah khayalan fiksi ilmiah, tapi ide ini sedang direncanakan oleh manusia di zaman kita dengan beberapa opsi:
*. Ide avatar, seperti yang di diajukan oleh seorang ilmuwan kaya Rusia. Manusia bisa hidup abadi dengan bantuan teknologi. Otak terbukti tidak serta merta ikut mati ketika jasad dan jaringan tubuh "menghancurkan jaringannya" satu persatu dalam proses kematian manusia.
Idenya manusia membuat tubuh virtual dan menghubungkannya ke otak tanpa jasad, lalu di harapkan riset terus menerus untuk membuat tubuh virtual ini menjadi sempurna hingga dapat digunakan sebagaimana layaknya fisik nyata, mungkin tubuh ini berbentuk robot yang di perintah oleh otak dari orang yang jasadnya telah mati, mungkin juga dari jasad kloning buatan di laboratoriom, belum terbukti otak dapat bekerja menurut bentuk dan ukuran tubuh yang sesuai.
Menggunakan tubuh virtual ini sungguh menarik, jika dapat dikombinasikan dengan tubuh buatan real akan menghasilkan "keajaiban" teknologi yang sulit dibayangkan, tubuh dapat bergerak cepat, menghilang dan berubah bentuk laksana mutan misalnya, akibat dari tipuan daya visual virtualisasinya. Tentu saja akan jauh lebih sempurna dari sekedar sebuah hologram, misalnya serangan destruktif dari ruang virtual bisa berakibat merusak juga ke dunia real, seperti menghasilkan konsentrasi sinar laser dari tangan virtual tersebut. Sistem keamanan di negara negara dunia pasti akan berubah drastis dibanding keadaan sekarang.
**. Menanamkan chip kedalam jaringan syaraf tubuh lain. Chip ini adalah rekord dari semua isi kepala orang yang telah mati. Chip ini kemudian mengendalikan jaringan syaraf otak orang lain dan menguasai semua sisem perintah didalam jaringan tubuh. Dalam filem Batman Return. Joker yang telah lama mati terbunuh hidup kembali didalam tubuh dokter (Robin) dia mulai mengacaukan kota Gotham.
Konsep ini ternyata menarik,sebelum mati Joker telah berpikir jauh mendownload otaknya kedalam microchip mempelajari DNAnya Robin dan diam diam menanamkannya kedalam tubuh bocah, dia mempersiapkan alat triger atau pemicu pengaktifan microchip itu setelah berpuluh puluh tahun lewat! Ketika Robin dewasa dia tidak menyadari kalau didalam dirinya telah hidup secara diam diam penjahat legendaris Joker! Bahkan dengan leluasa bangkit sewaktu waktu sebagai Joker!

2. BERGERAK DALAM RUANG WAKTU.
Manusia juga sedang memikirkan dan bergerak kepada suatu penelitian tentang Ruang Waktu.
Waktu telah ditandai dengan tahun, bulan hari, jam, menit hingga ke detik. Apa yang terjadi dengan kita, hanya bergerak mengikuti arah panah waktuu: waktu lalu, waktu kini, dan waktu nanti. Bergerak lurus dengan mengikuti efek pada diri kita: dilahirkan menjadi bayi, menjadi muda dan menikah lalu menjadi tua dan mati!
Ketika Einstein merumuskan teori relativitasnya tiba tiba saja pembicaraan tentang ruang waktu menjadi hangat kembali. Kalau dulu ilmuwan berpegang pada prinsip: Ruang Waktu absolut. Einstein sebaliknya menjungkalkan pandangan itu dengan mengatakan: Ruang dan Waktu relative.
Kita adalah bagian dari Ruang waktu yang tidak terpisah. Kita hidup karena itu. Tetapi kemudian banyak orang orang pintar berasumsi, segalanya akan menjadi mungkin melalui sains. Orang orangpun mulai bermimpi tentang membuat Mesin Waktu. Mimpi mimpi itu terbukti dari sekian banyak filem fiksi ilmiah yang menggambarkan perjalanan antar dimensi Ruang dan Waktu.
Dalam filem Startrek, ras manusia telah mampu menjelajah ruang angkasa luas, mampu membuat pesawat dengan kecepatan hyperspace, ketika kapal angkasa manuver ke hyperspace, tiba tiba saja mereka telah berada di tepian alam semesta yang lain sesuai koordinat tujuan yang ada dalam panduan monitor pilot komputer. Perjalanan berani dan penuh risiko bersosialisasi dengan ras ras allien di seluruh jagat raya.
Lebih jauh manusia membayangkan akan bisa kembali ke masa lalu, memutar balik waktu tanpa merobah sejarah atau melompat ke masa depan yang belum terjadi.
Risiko perjalanan ke masa lalu -jika memang dapat dilakukan- adalah benarkah masa lalu itu tetap ada ketika kita bergerak mundur menggunakan mesin waktu mengunjnginya? Kenapa seolah seluruh perjalanan waktu di semesta ini serempak? Apakah karena kita hanya menghuni sebuah dimensi ruang waktu diantara sekian banyak dimensi yang tanpa batas jumlahnya di jagat raya ini?
Risikonya, jika seorang kembali ke masa lalu sebelum dia dilahirkan, dan melihat kedua orang tuanya akan menikah atau orang tua temannya yang belum dilahirkan akan menikah, kalau dia bisa mencegah peristiwa penyebab dirinya "ada" bagaimana keberadaannya di masa depan? Sebuah kontradiksi logika, karena dia berada dimasa depan dan orang tuanya sedang menikah dimasa lalu?
Risiko lainnya seseorang bisa datang dari dunia masa depan denan peralatan canggih lalu mencampuri sebuah perang dan memenangkan pihak yang dalam sejarah telah di tulis sebagai "kalah" menjadi menang, bagaimana? Merubah masa lalu berarti merubah masa depan bukan?

3. MENJADI PENGHUNI MARS
Project Hunian 8Mars telah dibuat di Belanda dengan antusias pendaftar atau sukarelawan yang mencengangkan, walaupun project ini di sebut sebagai "one way ticket" alias sekali jalan dan gak ada tiket kembali kebumi. Namun pendaftar yang menyatakan bersedia dan siap tinggal di Mars telah mencapai ratusan ribu orang.
Perjalanan ke mars sangat panjang butuh waktu 7 sampai 8 bulan meluncur dan terapung di ruang hampa sampai ke tujuan. Disana manusia juga harus menyesuaikan diri dengan alam yang nampak tandus dan merah daratan mars memang jauh lebih luas dari bumi namun memiliki daya gratifikasi yang lebih lemah 5x berbanding bumi. Menurut para ahli jika tidak ada rekayasa teknologi tersedia, lama kelamaan fisik manusia pasti akan terpengaruh. Namun bukan berarti tidak ada kemungkinan planet merah itu bisa di huni. Beberapa robot buatan bumi bahkan telah bertahun tahun berkeliling dari area ke area di mars dan masih tetap eksis hingga sekarang.

4. ROBOT ROBOT DAN KOMPUTER YANG MANDIRI
Beberapa waktu yang lalu google telah memulai project membuat otak buatan yang meniru otak manusia dari jutaan jaringan komputer. Kompuer dibiarkan memecahkan masalahnya sendiri, tidak lagi diprogram. Dilengkapi dengan algoritma kecerdasan manusia. Menakjubkan dalam tiga hari tanppa di ajarkan tanpa campur tangan programmer, secara mandiri otak buatan ini mampu mengenali beberapa jenis objek dan binatang.
Di filem AI (artificial inteligent) robot robot bahkan dibuat sudah menyyerupai manusia, punya pikiran, emosi dan perasaan layaknya manusia. Bahkan punya tekad, gagasan, keyakinan religius. Robot percaya kepada Tuhan dan menganggap manusia yang menciptakannya hanya sebagai "ayah" atau "ibu" pada pendapat sebagian mereka - yang berfikir secara mandiri: "manusia hanyalah penyebab terciptanya ras robot" hakikatnya Tuhan juga yang menghendaki kami tercipta. Oleh karena miripnya dengan karakter dan kepribadiannya dengan manusia, robot robot ini di buat dengan standar semesta. Atau sesuai pesanan dari pembuatnya.
Kelebihan robot bisa dibuat dengan berbagai keahlian, kecepatan belajar dan mewarisi algoritma kecerdasan milik manusia pembuatnya atau menurut standard yang ditetapkan pada zaman itu, yang pasti setiap standar mengacu kepada hukum alam atau fisika semesta.
Ada robot pekerja, penghibur, pembunuh, pelawak. Robot dan juga komputer 3kemudian menjadi cermin kepribadian dan kehidupan manusia dengan segala implikasinya: Hukum. Hak dan perlindungan hukum pada robot yang berperasaan manusia!

No comments:

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile